Perusahaan Daerah Air Minum  Kota Salatiga sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sudah dirintis oleh Pemerintah Belanda sejak tahun 1921. Pada tahun 1968 Surat Keputusan  Walikota madya Kepala Daerah Tingkat II Salatiga Nomor : 44/Kepda/Um-Pan tanggal 30 Desember 1967 dan Surat Keputusan Dewan  Perwakilan  Rakyat Daerah Gotong Royong ( DPRD –GR ) Nomor : 8/DPRD-GR/Um-Pan tanggal 18 Mei 1968, penyediaan air minum dikelola oleh Dinas Air Minum. Pada tahun 1969 Statrus Dinas Air Minum berubah menjadi Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) sesuai SK. Walikotamadya  Kepala Daerah Tingkat II Salatiga Nomor : 8.a/Kepda/Um-Pan  tanggal 1 April 1971 dan Peraturan Daerah Kotamadya Kepala Daerah Tingkat II Salatiga Nomor 20 Tahun 1969.

Dalam perkembangannya dasar hukum pendirian  PDAM  Kota  Salatiga telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) Kotamadya daerah Tingkat II Salatiga  Nomor : 5 Tahun 1981 tentang : Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum Kotamadya Daerah Tingkat II Salatiga.

 

Visi PDAM

Menjadikan perusahaan yang Maju, Mandiri, dan Profesional

 

Maju, artinya PDAM Kota Salatiga dari tahun ke tahun memperlihatkan pertumbuhan (kenaikan) dari sisi jumlah pelanggan, kualitas, kuantitas dan kontinuitas pelayanan, keterjangkauan tarif, kinerja keuangan, dan kontribusi PAD.

Mandiri, artinya PDAM Kota Salatiga mampu memberdayakan potensi sumber daya perusahaan dan Pemerintah Kota Salatiga untuk memenuhi biaya operasional, setoran PAD, perawatan dan pengembangan SDM serta sarana prasarana.

Professional, artinya PDAM Kota Salatiga mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen untuk menjamin keberlanjutan perusahaan dalam dinamika otonomi daerah dan perkembangan IPTEK didukung SDM yang handal dan berkomitmen.

 

Misi

Misi yang diemban dalam rangka mewujudkan visi perusahaan tersebut adalah menghasilkan produk yang sesuai dengan standar Departemen Kesehatan, meningkatkan kualitas dan kuantitas serta kontinuitas suatu layanan yang lebih baik sehingga apa yang diinginkan masyarakat dapat terpenuhi.

 

Adapun misi perusahaan adalah:

v  Menyediakan air minum yang memenuhi standar kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

v  Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia menjadi pegawai yang memiliki etika, kinerja dan profesional.

v  Meningkatkan pelayanan yang terjangkau dan memberikan kepuasan pelanggan.

v  Meningkatkan cakupan pelayanan guna memenuhi kebutuhan utilitas air minum.

v  Mengelola sumber daya perusahaan yang profesional sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan meningkatkan kontribusi bagi PAD.

v  Menjaga hubungan harmonis dan peran yang seimbang dengan stakeholder dalam peningkatan pelayanan kepada pelanggan.